Mengenal dari Macam Kucing Persia Himalaya(Kucing Himalaya)

Kucing Himalaya- Jenis kucing di dunia ini sangat banyak sekali. Nah, salah satu kucing yang paling populer adalah kucing Himalaya. Sebagaimana yang sudah saya bahas sedikit pada artikel jenis-jenis kucing bahwa kucing Himalaya merupakan kucing yang berasal dari daerah gunung Himalaya.

Nah, jika anda ingin mengetahui secara khsusus dan mendalam tentang kucing Himalaya, maka sangat tepat sekali jika anda berada di artikel ini.

Sesuai judul yang ada, saya akan membahas cukup mendalam tentang kucing Himalaya. Salah satu sebab saya menulis artikel ini adalah banyaknya orang zaman sekarang ini yang suka dengan jenis-jenis kucing, khususnya kucing Himalaya ini. Saya rasa memang pantas banyak yang suka dengan kucing ini. Sebab memang kucing ini cukup elok.

Apakah Orang Dahulu juga Suka Kucing?

Ketika membahas tentang banyak orang yang suka dengan kucing, maka saya teringat dengan kisah salah satu sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yang bernama Abdurrahman.

Sahabat Abdurrahman memang sangat suka dan sayang dengan anak kucing. Sampai-sampai beliau dipanggil dengan panggilan Abu Hurairah, yang artinya seorang bapak anak kucing.

Beliau sangat suka kucing sampai-sampai kemana beliau pergi, beliau selalu menggendong anak kucing.Namun disini, saya tidak akan berpanjang lebar tentang kisah sahabat rasul. Karena tidak akan sesuai dengan judul di atas.

Nah, itulah salah satu contoh bahwa kucing sudah dikenal oleh masyarakat Arab. Nah, bagi anda yang hidup di zaman sekarang juga bisa lih untuk suka dengan kucing, dengan cara memeliharanya dengan baik dan benar. Nah, untuk mengetahui tentang informasi kucing Himalaya, anda langsung bisa tengok tulisan-tulisan di bawah ini.

Apa itu Kucing Himalaya?

kucing himalaya
wikipedia.org

Kucing Himalaya juga sering disebut dengan kucing Persia Himalaya. Dulunya, kucing ini bernama kucing Persia warna poin. Jika ditinjau dari ras, maka kucing ini termasuk ras kucing domestic yang merupakan hasil persilangan antara kucing Persia dan kucing Siam.

Kenapa kucing Persia dan kucing Siam dipersilangkan?

Tujuan persilangannya adalah untuk mendapatkanras kucing baru dengan tipe badan yang sama dengan kucing Persia tetapi warnanya seperti kucing siam. Jika melihat dan memperhatikan kucing ini, maka anda akan mendapati matanya berwarna biru dan pola warna poin. Adapun tentang sejarah kucing ini, anda bisa lanjutkan membacanya.

Sejarah kucing Himalaya

Sebenarnya kucing Himalaya sudah ada ratusan tahun yang lalu. Namun belum banyak orang yang tahu sehingga tidak populer. Nah, pada tahun 1950 an kucing ini mulai dibawa dan diperkenalkan di Eropa. Saat itu, kucing ini masih bernama kucing Persia warna poin.

Setelah tiga tahun berjalan, kucing ini mulai terdaftar sebagai ras kucing tersendiri. Dengan kata lain, berbeda dengan ras kucing Persia. Oleh karena itu, kucing ini diberi nama dengan kucing Himalaya.

Tapi apakah kucing Himalaya termasuk dalam variasi kucing Persia?

Jawabannya, ada beberapa pendaftaran yang memasukkan kucing ini dalam variasi kucing Persia. Hal itu disebabkan pola dan karakter kucing ini sama dengan kucing Persia.

Karakteristik dan Ciri-ciri Kucing Himalaya

kucing himalaya
venus.kucing.biz

Secara umum, kucing Himalaya ini adalah salah satu ras kucing yang mempunyai tubuh besar, gemuk dan bulat serta dengan kaki yang pendek seperti kucing Persia. Nah, karena kakinya yang pendek kucing ini sulit melompat.

Tak luput juga, bahwa kucing jenis ini juga ada yang bertubuh seperti kucing siam. Maklum lah ya, karena memang persilangan antara kucing pesia dan kucing siam.

Jika dilihat dari postur tubuhnya, kucing Persia himlaya ini memiliki tubuh yang cukup besar dan tulang yang kuat. Jika ditaksir beratnya, maka kucing ini memiliki berat badang kurang lebih 4 sampai 6 kg.

Berdasarkan bentuk wajahnya, kucing ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kucing Himalaya wajah boneka dan kucing Himalaya wajah datar. Jika dilihat dari samping, kucing Himalaya wajah boneka memiliki wajah yang sedikit pesek. Adapun kucing Himalaya wajah datar akan terlihat lebih pesek lagi ya gays.

Warna dan Umur Kucing Himalaya

kucing himalaya
wikiwand.com

Menurut data yang ada, kucing Himalaya berbulu panjang lembut dan berwarna poin, baik pada telinga, wajah, kaki dan ekornya. Bulunya berpola gabungan yaitu tabi, links, dan torti. Warnanya seperti warna anjing laut, biru, ungu, merah, krem dan coklat.

Kucing Himalaya cukup lama untuk bertahan hidup, lebih tepat sekitar 9-15 tahun. Namun jika anda merawatnya degan perawatan yang lebih maksimal seperti memberi makan yang bergizi serta vitamin, mungkin kucing ini akan tahan hidup elbih lama.

Kepribadian Kucing Himalaya

Jika meninjau kepribadian kucing ini, maka anda akan mendapati bahwa kucing ini termasuk kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak bermalas-malasan. Banyak orang yang mengatakan bahwa kucing ini juga tergolong kucing cerdas, tenang, lembut, komunikatif dan manis sebagaimana kucing Persia. Kucing sangat senang dibelai dan sangat setia serta bersahabat.

Dari keterangan di atas, maka kucing ini sangat layak menjadi teman rumah anda. Sebab, akan setia dan bersahabat dengan anda. Nah, jika anda memilki kucing Himalaya maka sudah seharusanya mengetahui bagaiamana cara merawatnya. Bagi anda yang belum tahu cara merawatnya, anda tak perlu khawatir. Berikut ini cara merawatnya.

Cara Merawat Kucing Himalaya dengan Baik dan Benar

kucing himalaya
agrinak.com

Ada banyak hal yang harus anda lakukan agar kucing Himalaya tetap sehat dan terawat. Dalam cara merawat kucing Himalaya kali ini, saya akan sebutkan 5 hal terpenting dalam merawatnya. Berikut ini yang perlu diperhatikan:

  1. Tempat yang Bebas

kucing himalaya
bukalapak.com

Berikan tempat yang bebas bagi kucing agar terhindar dari kebosanan. Namun, bukan berarti anda biarkan lama-lama di luar rumah. Sebab, jika dibiarkan lama-lam di luar rumah maka hal tersebut tidak baik bagi si kucing.

  1. Beri Makanan yang Sehat

kucing himalaya
check.in

Untuk menjaga kesehatannya, maka berikan si kucing makanan yang sehat dan bersih. Misalnya, selain anda memberikan daging bagi si kucing, anda juga bisa memberikan sayur padanya.

Cara memberikan sayuran kepada kucing adalah dengan mencampurkan antara sayuran dan sedikit daging yang disajikan dalam satu wadah. Sayuran yang bisa diberikan kucing seperti wortel, brokoli, bayam dan makan kucing instan.

Dalam meberi makanan kepada kucing jenis ini hendaknya dengan giliran. Dengan memberi syuran berbeda pada bergilirnya waktu agar tidak bosan. Anda bisa menjadwal menu-menunya. Selain menunya, anda bisa merubah tekstur dagingnya.

Misalnya hari ini ikan, besoknya daging giling. Perlu diketahui, jangan memberikan makanan manusia kepada kucing, terutama yang mengandung penguat rasa. Sebab itu tidak baik untuk pencernaan kucing.

  1. Mandikan Si Kucing

kucing himalaya
kucingforever.blogspot.com

Sebagaimana yang anda lihat bahwa kucing Himalaya termasuk kucing yang berbulu lebat. Oleh karena itu bulu kucing ini harus dijaga dan dirawat dengan benar. Sebab, jika tidak dirawat maka akan kotor sehingga sulit untuk dibersihkan. Untuk menjaga kebersihannya, anda bisa memandikannya dengan sampo anti kutu secara rutin. Setelah itu jangan lupa untuk menyisirinya.

  1. Rawat Anggota Badannya

kucing himalaya
obatrindu.com

Selain memandikan kuicng ini, anda juga bisa merawatnya dengan memotong kuku dan sebagian bulu yang perlu dipotong. Saat melakukan pemotongan kuku dan bulu, anda harus melakukannya dengan telaten dan sabar.

  1. Jaga Kebersihan Tempat

kucing himalaya
anwar-tiba.com

Ketika anda memelihara kucing Himalaya maka salah satu hal yang juga harus diperhatikan kebersiahannya adalah tempatnya. Tempat ini meliputi kandangnya, tempat makannya, dan tempat minumnya serta tempat bermainnya. Kebersihan ini akan mempekecil kemungkinan si kucing sakit.

Nah, itu beberapa hal yang harus anda lakukan ketika memelihara kucing Himalaya. Sebagian keterangan yang saya cantumkan ini, saya ambilkan dari Wikipedia. Cukup sekian, terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *