Contoh Kerajinan dari Kardus Mudah dibuat, Hiasan Tradisional

Banyak dari barang bekas yang dapat dijadikan bahan utama dalam membuat sebuah keterampilan atau membuat kerajinan tangan. Jadi tidak semua barang bekas yang kita gunakan, menjadi sampah atau barang yang tidak dapat didaur ulang lagi. Simak yah dengan cermat mengenai ulasan saya tentang manfaat kardus berkas, dan kerajinan apa saja yang dibuat dari kardus.

Banyak yah kita jumpai dipenjual mainan atau di tempat wisata, misalnya di daerah keraton. Banyak yang jual kerajinan tangan dari plastik, misalnya contoh mudah aja nih ya, tas yang terbuat dari plastik, sangat populer dan banyak orang yang menyukainya, kemudian hiasan bunga dari plastik atau potongan sedotan.

Selain kerajinan tangan dari barang bekas plastik, kardus pun juga bisa dimanfaaatkan sebagai alat sumber dari kerajinan tangan. diantaranya dapat kita simak diulasan dibawah.

Mulai dari kardus tebal dan kardus tipis. Kardus tersebut dapat dirancang dan dimanfaatkan menjadi berbagai jenis kerajinan dengan fungsi estetis dan praktisnya. Salah satu contoh Kerajinan berwujud kardus yang mengutamakan fungsi estetisnya adalah bunga. Bunga kardus yang disimpan di ruang tamu akan menambah kesan lebih unik dan indah.

Tidak hanya bunga, kardus juga dapat dibuat menjadi kerajinan lain yang tidak kalah uniknya. langsung saja, ini dia  macam kerajinan tangan yang terbuat dari kardus bekas:

Kerajinan dari Kardus Bekas

Rumah Unik dari Kardus

kerajinan kardus bekas
https://www.selipan.com

Untuk yang ini, kardus dapat dijadikan rumah rumahan, ada yang masih ingat dengan mainan nya saat waktu kecil?, sekarang sudah ada kemajuan yah, yang dulu bikin rumah rumahan untuk permainan dari tanah, sekarang ada kerajinan rumah rumahan dari kardus. Miniatur rumah rumahan dari kardus ini sangat banyak peminatnya, selain dijadikan sebagai sebuah mainan, dapat juga dijadikan sebagai hiasan ruang tamu anda atau ruangan anda.

Apabila kamu ingin membuatnya, kamu harus menyiapkan perlengkapannya kemudian membuat pola hingga merangkainya. Supaya tidak terlihat wujud kardusnya kamu dapat menghiasnya dengan cat warna. Sehingga saat tamu datang ke rumah, mereka tidak akan merasa bosan dan tertarik untuk membuatnya. Untuk ukuran nya, sekehendak kalian yang ingin membuatnya.

Jalur Mobil dan Rambu Lalu Lintas

1_141.jpg

Kardus bekas di rumah bisa kamu manfaatkan untuk membuat jalur bermain mobil-mobilan. Jangan lupa juga untuk menyertakan rambu lalu lintas, supaya si kecil bisa sambil belajar memahaminya sejak dini.

Jam Dinding

kerjainan dari kardus
https://ae01.alicdn.com/

Jam dinding memang banyak, mulai dari yang standar sampai yang bermotif. Nah, untuk yang bermotif ini beda lagi yah sobb, ini jam dinding dari kardus. Kreatif untuk memanfaatkan barang bekas adalah hal yang baik. Salah satunya jam dinding ini yang terbuat dari kardus, terkesan indah dan unik.

Untuk lebih mempercantik lagi, kita bisa gunakan cat untuk menghiasnya, dan selain dijadikan waktu jam, hasil kreasi jam dinding ini bisa menjadi hiasan, agar supaya ruangan yang kita tempelin dengan jam diding dari kardus ini, ruangan kita semakin terlihat menyala dan tidak membosankan jika dipandang.

Kursi dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://i1.wp.com

Tentunya Anda pernah dan sangat sering menemui kursi, bangku ynag terbuat dari kayu, beton, plastik, dan besi. Tapi untuk satu ini, kalian pasti jarang sekali menemui, ternyata kursi dari kardus juga ada. Dari segi desain tentunya sudah unik serta menarik. Kamu dapat coba bikin di rumah kamu, dan bisa Anda jadikan pajangan atau hiasan di rumah Anda.

Kursi dari kardus ini mempunyai berat yang amat ringan dan bentuknya juga elegan tidak memenuhi banyak tempat. Tepatlah untuk Anda yang memiliki desain rumah minimalis. Tapi ingat, kursi kardus tentu tidak sekuat kursi dari kayu atau bahan lainnya ya. Kursi ini cenderung untuk hiasan agar terlihat indah dan tidak bosan ketika rumah anda diberi motif nya.

Sepeda Motor

kerajinan dari kardus
http://beritaviral.com

Mambuat miniatur suatu hal yang sangat rumit untuk kita kreasikan dengan tangan, kecuali dengan keahlian dna banyak inspirasi. Salah satunya pemanfaataan barang bekas yang berupa kardus bekas kemudian dijadikan miniatur motor.

Terutama dari kalangan anak anak, selain mengenal tentang transportasi yang ada, mereka jika diebri tau tentang miniatur asli seperti ini, mereka sangat amat suka, bahkan banyak juga yang mengo

leksi. Jika biasanya mainan motor terbuat dari plastik atau alumunium, untuk yang satu ini, miniatur motor motoran dapat disajikan dengan desain yang unik dan beda.

Pembuatan nya dari kardus bekas, cukup mewarnai bisa dengan cat atua krayon, bagus lagi jika diberi nama motor tesrsebut. setelah siap dijadikan pajangan atua hiasan di ruangan Anda.

Mobil Mainan

kerajinan dari kardus
https://i0.wp.com

Selain kapal, bus, alat transportasi lainya yang dapat membawa banyak orang atau barang, salah satunya mobil. Tapi untuk yang ini adalah miniatur atau gambaran mobil mobilan seperti asli yang dibuat dari kardus bekas yang dimanfaatkan. Sangat unit dan seperti asli, untuk menghiasnya. Cukup dengan memberikan beberapa motif dan memebrinya warna agar terlihat mewah.

Gitar

kerajinan dari kardus
https://4.bp.blogspot.com

Alat musik yang ini banyak yang menyukainya, apalagi dari kalangan anak kecil sampai anak muda. Tapi untuk gitar ini, tidak bisa dijadikan sebagai gitar seperti aslinya. Benda ini hanya menjadi miniatur yang dapat menjadi hiasan pajangan. Gitar ini terbuat dari kardus berkas. Kerajinan tangan ini banyak yang meminatinya.

Macam Macam Kerajinan Kardus Bekas Unik

Truk Mainan

kerajinan dari kardus
https://i.ytimg.com

Dilihat dari fisiknya, truk ini tidak lebih menarik dari kendaraan-kendaraan yang dihasilkan oleh kerajinan tangan dari kardus lainnya. Anda membutuhkan minimal 12 buah kancing baju untuk dijadikan rodanya truk.

Perahu

kerajinan dari kardus
https://4.bp.blogspot.com

Masih berkutat pada jenis kendaraan. Kali ini kami akan memperkenalkan Anda pada kerajinan tangan dari kardus yang unik & cantik. Pemberian warna putih akan semakin meningkatkan kecantikan kapal. Arsitekturnya pun dapat dibuat sendiri.

Kendaraan yang berlayar di atas lautan luas ini akan menjadi saksi bahwa Anda sebagai orangtua sudah berusaha mendidik anak melalui tangan sendiri. Kapal laut yang merupakan salah satu jenis transportasi ini dapat diperkenalkan sejak dini supaya pengetahuan serta imajinasinya tumbuh dengan baik. Kapal-kapal mahal sekelas titanic yang pecah di tengah lautan bisa Anda hidupkan kembali dengan cara membuat kerajinan tangan dari kardus ini.

Tas Kardus

kerajinan dari kardus
https://qlapa.com

Kami rasa tidak ada salahnya Anda membuat tas sendiri daripada menghabiskan kuota internet berburu koleksi tas yang modelnya sreg di hati. Anda benar-benar dibebaskan membuat tas secara custom karena ini Anda sendirilah yang akan memakai. Tidak harus sama persis dengan gambar di bawah ini.

Tempat Tidur

kerajinan dari kardus
https://club.iyaa.com

Kami yakin apapun jenis kelamin Anda, Anda tahu yang namanya ‘barbie.’ Barbie yang diangkat dari film kemudian menjelma menjadi idola bagi anak-anak kecil utamanya anak gadis saat bermain bersama teman-temannya. Bahkan pamer kecantikan series barbienya sudah menjadi kegiatan mengasyikkan. Begitu pula dengan membelikan barbienya rumah lengkap beserta perabotannya, baju, sisir, tas mainan dan segala keperluannya.

Robot

kerajinan dari kardus
http://www.whyfore.com

Membuat robot bukan lagi pekerjaan khusus laki-laki. Itulah kenapa jurusan robotik semakin banyak diminati dan cepat berkembang. Robot merupakan salah satu bentuk nyata kemajuan tekhnologi, tapi kali ini kita hanya akan membuat replikanya saja. Tentu hal ini disebabkan bahan dasar yang dipakai adalah kardus bekas.

Mencari kardus yang tekstur serta warnanya rata bukanlah hal mudah. Kami sarankan jangan mencarinya di pemulung supaya kardus tetap terjamin bersih. Potonglah bagian-bagian kardus supaya sesuai dengan contoh robot yang akan Anda buat replikanya. Boleh juga menambahkan mata menggunakan spidol supaya tampak lebih alamiah.

Kamera Potret

kerajinan dari kardus
https://i.ytimg.com

Kamera yang dimaksud tentu tidak benar-benar memiliki kemampuan sebagaimana kamera pada umumnya. Membuat kerajinan tangan dari kardus yang berupa kamera seperti begini memang bisa dikategorikan kreatif, unik, serta berbakat. Setiap detail bagian dari kamera dapat dia buat. Walaupun belum bisa dipergunakan memotret, setidaknya kamera mainan ini tidak memalukan untuk dijadikan pajangan atau teropong keadaan.

Pesawat

kerajinan dari kardus
https://i.ytimg.com

Karya kerajinan tangan dari kardus yang dapat Anda buat adalah membuat pesawat. Ternyata bukan hanya robot yang bisa diciptakan dari potongan kardus bekas. Sebuah pesawat mainan yang biasanya mengambil kertas sebagai bahan dasarnya disadari tidak begitu kuat, mudah sobek dan hasilnya lebih kecil.

Celengan

kerajinan dari kardus
https://3.bp.blogspot.com

Bank konvensional memang memberikan jaminan lebih dibandingkan celengan ayam. Tapi pernahkah Anda merasa kerepotan datang pergi ke bank, mengantri lama sementara waktu luang Anda sempit. Memiliki celengan pribadi tidak akan membuat Anda malu jika memasukkan koin bernilai apapun. Celengan pun bisa dibuat dari banyak jenis , mulai tanah liat hingga yang akan kita bahas ini yaitu kardus.

Burung Hantu Mainan dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://1.bp.blogspot.com

Jika ruanganmu kosong, tidak mempunyai keindahan yang dapat menghiasi, tenang saja tidak perlu kamu bingung untuk menghiasi, kreatifitas anak bangsa sangat banyak, dan banyak barang barang bekas yang masih dapat untuk didaur ulang dan dijadikan barang yang bermanfaat. Serta dapat menghasilkan rupiah hehe.

Untuk dapat membuat burung kardus ini kamu harus mempersiapkan kertas kardus yang telah digunting dan ditipiskan serta untuk merekatkan rangkaian badan burung yang telah dibuat. Supaya mata burung terlihat cemerlang, kamu dapat menambahkan kelereng pada bagian matanya. Sulit proses pembuatnnya, namun akan indah hasilnya apabila dibuat dengan tangan yang kreatif.

Rumah Kucing dari Kardus

kerajinan dari kardus
http://s.berita.lewatmana.com

Sebagai binatang peliharaan kucing memerlukan rumah juga, sekurang kurangnya sebagai tempat dia santai dan sambil gitu deh. Nah jika kamu memiliki kardus bekas, kamu tidak perlu membeli rumah-rumahan bagi si kucing, cukup membuatnya saja.

Gampang loh cara membuat kerajinan tangan dari kardus ini, Untuk awal awal kamu ukur dulu kardus dengan ukuran yang cocok dengan pola panjang kali lebar kali tinggi misalnya 40 cm x 60cm x 70. Kemudian susun kotak buat atapnya dengan cara melipat kardus menjadi bengkok kemudian tinggal kasih lem deh. Jangan lupa untuk kasih pintu buat si kucingnya tersebut.

Istana dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://www.infoana.com

Hanya satu buah kardus saja, kamu sudah bisa mengubahnya menjadi istana yang megah dan menarik. Tentunya istananya tersebut ada tembok pagarnya, benteng beserta kastil kastil di atasnya.

Vespa dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://i.ytimg.com

Yeah, level kita masih belum sampai tahap itu, namun setidaknya kita mendapatkan inspirasi setidak tidaknya mau buat apa dari kardus ini. Bayangkan kardus yang merupakan barang yang tidak ada apa apanya disulap menjadi sebuah replika vespa. Tentunya kamu membutuhkan jam terbang tinggi supaya bisa membuatnya.

Hiasan Dinding Pohon dari Kardus

hiasan dinding pohon dari kardus

Kali ini adalah pemanfaatan kardus untuk dijadikan sebagai hiasan dinding rumah Anda agar terlihat lebih bagus dan indah. Sehingga suasana didalam ruangan Anda tetap terlihat berwarna.

Biola dari Kardus

biola kerajinan dari kardus bekas

Banyak dikalangan anak kecil dan anak muda yang menyukai alat musik. Contoh salah satu alat musik yang dapat dibuat menjadi miniatur hiasan adalah Biola. Biola diatas terbuat dari kardus, yang kemudian dijadikan hiasan ruangan agar tampil lebih hidup dan indah.

Skateboard dari Kardus

skateboard dari kardus

Banyak dikalangan orang yang menganggap kardus bekas adalah sampah dan membuang nya. Tapi asal Anda tau, sebelum dibuang, coba difikir untuk manfaatnya. Kardus bekas tidak membutuhkan modal banyak dan tidak memeras banyak uang serta tenaga.

Kardus dapat dijadikan kreatifitas menjadi miniatur skateboard. Jika Anda mempunyai momongan, dan suka dengan skate bord, sangat bagus jika mendukung keinginan anak Anda dengan memberi nya skateboard mainan terlebih dahulu untung menarik semangatnya.

Mainan Truk Dari Kardus

mainan mobil dari kardus bekas

Alat transprotasi yang mengangkut banyak barang selain mobil pick up, bus, dan kapal. Bus juga salah satu alat transportasi yang sangat diperlukan banyak dari pabrik pabrik untuk menigirim barang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Miniatur truk ini dibuat sama persis dengan sama desain truk pada aslinya. Miniatur ini dibuat dari kardus bekas, yang dimanfaatkan untuk membikin miniatur ini.

Miniatur Tempat Parkir Dari Kardus

miniatur tempat parkir dari kardus

Kalo Anda mempunyai anak dan takut dia bermain pasir kemudian dijadikan rumah rumahan mobil. Manfaatkan kardus untuk Anda jadikan sebagai miniatur tempat parkir seperti contoh diatas. dan menghiasinya dengan coretan spidol untuk tanda rambu lalu lintas.

Serangga Dari Kardus

serangga dari kardus

Kreatifitas lainya dari kardus bekas, ternyata juga dapat dijadikan sebagai bentuk serangga. Cocok untuk dijadikan hiasan diruangan Anda, terkhususnya dikamar anak Anda.

Lampu Belajar dari Kardus

lampu belajar dari kardus
ruangtanya.com

Biasanya jika kita belajar dengan menggunakan lampu biasa yang dipasang di atas langit langit rumah akan membuat belajar kita tidak maksimal. Terkadang ada tulisan di buku yang kelihatan kurang jelas karena kurang cahaya. adapun jika kamu ingin berhemat dan tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli lampu belajar, coba saja membuat lampu belajar dari kardus.

Bunga Kaktus 

bunga kaktus dari kardus
pinterest.com

Kamu kesulitan mencari tanaman hias kaktus untuk digunakan sebagai tanaman hias di rumah. Atau malas menyiraminya setiap hari karena ada banyak berbagai kesibukan yang lain. Tidak ada salahnya jika kamu membuat kaktus dari kardus ini. Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan dari kaktus yang berasal dari bahan kardus ini.

Pertama, yang pasti kamu tidak perlu susah susah untuk merawatnya karena tidak perlu dikasih air setiap hari. Kedua, cara membuatnya mudah, kamu tinggal buat motif kaktus ini termasuk durinya tersebut, lalu tinggal dikasih warna hijau.

Boneka Danbo Dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus
via blogspot.com

Boneka ini benar benar populer di kalangan para pecinta karakter terlebih lagi bagi mereka yang menyukai anime, boneka, dan juga hal hal yang berbau Jepang. Boneka yang memiliki ciri khas berbadan kotak ini bisa kamu letakkan di pajangan kamar untuk menemani tidur kamu di malam hari.

Hidrolik Escavator Dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://i.ytimg.com

Kalau sudah punya bahan suntik bekas, selang kecil, dan kardus, kamu tidak perlu tunda tunda atau langsung saja bikin hidrolik escavator dari kardus ini. Mainan ini pastinya menggunakan hukum fisika yaitu persamaan hidrolik. Uniknya kamu bisa menggerakannya dengan memencet beberapa suntik tersebut, nantinya jika kamu pencet salah satunya, maka akan bergerak ke kanan, kiri, maju, mundur

Game Labirin Dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://i.ytimg.com

Bermain game saat sekarang ini tidak harus melulu dari smartphone, tablet, komputer atau mainan game lainnya. Coba kamu turunkan ketergantungan kamu dari smartphone dengan memainkan game labirin dari kardus ini. Kamu nanti gerakkan kelerengnya dari awal start sampai menuju finish. Pokoknya sampai kelereng tersebut masuk ke dalam lubang.

Miniatur Bus Dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://3.bp.blogspot.com

Selain bentuk atau miniatur mobil dari kardus, nyatanya kardus juga bisa diubah menjadi alat transportasi lainnya seperti bis ini. Kardus yang berbentuk kotak kamu modifikasi sampai benar benar terlihat seperti bis beneran. Ada hal yang perlu kamu tambah, misalnya roda, jendela bis, lampu bis dan yang lainnya. Untuk kerajian dari bahan bekas lainya, dapat Anda simak disini.

Speaker Handphone dari Kardus

speaker handphone dari kardus

via blogspot.com

Selain earphone, ternyata barang bekas dari kardus dapat kita jadikan menjadi pengeras suara untuk hp Anda. Dengan cara tidak rumit, dan dapat Anda buat sendiri dirumah. Terdapat juga kerajinan dari bahan dasar kelapa yang bisa Anda cek disini.

Kereta Dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://1.bp.blogspot.com
Ketika kalian melihat kerajinan tangan kereta di atas, dari kamu semua mungkin akan mengira bahwa kerajinan kereta tersebut tidak mudah atau susah untuk dibikin, tapi apabila kita sungguh sungguh mau mencoba dan mempelajarinya maka tidaklah sulit yang kamu bayangkan.

Kuda Dari Kardus

kuda dari kardus
pinterest.com
Ternyata kardus beks juga dapat dijadikan untuk membaut boneka yang berupa kuda dari kardus, dengan bentuk yang unik dan lucu. Boneka ini dapat menghiasi di sudut sudut ruangan anda atau di atas lemari anda, sehingga lebih terkesan indah dan tidak membosankan. Kreatifitas ini tidak begitu rumit untuk Anda coba buat sendiri. Bahan nya cukup dari kardus.

Replika Sepatu Dari Kardus

kerajinan dari kardus
https://britaniasari.files.wordpress.com

Untuk memiliki sepatu yang trendi dan terkini tidak harus yang mahal mahal. Dari mulai desain dan model sepatu yang baru dan terkini, coba kamu contoh sendiri dengan menggunakan bahan dari kardus. Selain keren dan menarik, kamu tidak perlu rogoh gocek kamu dalam dalam.

Bingkai foto dari kardus

kerajinan dari kardus
https://i0.wp.com

Cantik bukan bingkai foto seperti ini? Untuk membuat penampilan berbeda pada sudut ruang rumah Anda ada langkah-langkah jitu yang mampu dilakukan selain juga dengan menambahkan hiasan – hiasan dinding yaitu dengan menghasilkan kerajinan tangan dari kardus yang enggak dipakai.

Lampu Tidur

kerajinan dari kardus
https://1.bp.blogspot.com

Penataan kardus yang zigzag akan membuat sinar lampu keluar secara zigzag. Sehingga suasana dalam kamar Anda sebelum tidur akan tampak lebih menyejukkan dibandingkan benar-benar gelap sunyi atau terlalu terang menggunakan lampu biasa.

Lampu Belajar

kerajinan dari kardus
https://i2.wp.com

Berbeda dengan meja-meja di atas tadi. Gambar di bawah ini adalah meja yang fungsinya memang untuk belajar. Begitu pula dengan ornamen lampunya yang dibuat dari balutan kardus. Kaki lampu sengaja dibuat berbentuk kotak supaya ada ruang sisa yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang kecil. Tidak ada kesan murahan sama sekali dalam proses pembuatan meja belajar dilengkapi lampunya.

Rak Buku

kerajinan dari kardus
https://renovasi-rumah.net

Bagi Anda pecinta buku sepanjang masa, diduga Anda pernah memanfaatkan kardus bekas sebagai wadah buku. Bedanya dengan kerajinan tangan yang akan kami jelaskan ini ada pada model dan fungsinya. Pernahkah Anda merasa menghabiskan waktu saat harus mengambil buku sementara waktu sudah mepet.

kesimpulan

Semoga dengan berbagai contoh kerajinan tangan diatas, dapat menambah ilmu untuk Anda semua dan dapat memanfaatkan kardus bekas, tanpa harus membuangnya. Jika dijadikan barang unik bisa, kenapa tidak?.Untuk lebih bisa mendapat pengalaman dari saya, bisa masukan komentar dibawah. Saya yakin pasti masih banyak kreasi yang dapat dibuat dari kardus, yang tentunya kalian juga mampu membuatnya dirumah. sekian semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *