9+Jenis Kucing Terpopuler

Hewan Kucing

Hewan yang termasuk mudah untuk berbaur dengan manusia dari sejak dahulu, salah satunya adalah kucing. Kucing ada paling tidak sejak beberapa ribu tahun yang lalu, dari kerangka kucing di Pulau Siprus.

Orang Mesir Kuno dari beberapa ribu tahun lalu, sudah menggunakan kucing sebagai hewan pengusir tikus atau hewan untuk menjaga lumbung mereka, ketika masa panen mereka supaya tidak diganggu hewan lain.

Kucing merupakan hewan populer dikalangan manusia disaat ini, banyak yang suka dan banyak juga yang menjadikannya menjadi peliharaan dirumah.

Kucing yang mempunyai garis keturunanya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni seperti persia, siam, manx, dan sphinx.

Biasanya kucing seperti ini biasa dikembang biakan ditempat pemeliharaan resmi. Untuk jumlah kucing ras hanya 1% dari kucing yang ada diseluruh dunia.

Kemudian hanya tersisa kucing yang berjenis dari keturunan campuran misalnya kucing liar dan kucing yang biasa kita temui dikampung, juga biasa disebut kucing kampung.

Karakter Kucing

jenis jenis kucing
www.pexels.com

Tidak hanya hewan karnivora lainya, kucing pun juga mempunyai karakteristik tersendiri. Kucing peliharaan atau kucing rumah merupakan predator paling hebat.

Kucing rumahan ini ternyata juga dapat memangsa atau memakan dari beberapa banyak sepies yang ditemuinya dirumah.

Ukuran kucing tidak terlalu besar, ukuranya tergolong kecil sehingga tidak terlalu bahaya bagi manusia. Namun kucing juga mempunyai virus infeksi.

Ini disebabkan jika kucing menggigit, mencakar dengan kukunya sehingga menimbulkan luka dan rasa yang sangat perih.

Namun hal ini jarang, karena pada dasarnya kucing hewan yang mudah nurut dan tidak suka menggigit.

Selain kucing dapat mengakibatkan infeksi rabies, hal negatif pada kucing adalah kucing dapat berakibat fatal pada suatu ekosistem yang bukan tempat tinggal alaminya. Beberapa kasus yang sudah ada, kucing berperan atau menyebabkan kepunahan.

Cara hewan kucing dalam melumpuhkan musuh nya atau mangsanya dengan cara seperti singau dan harimau lakukan.

Ketika menerkam mangsa, dengan cara menggigit leher mangsa dengan gigi taringnya sehingga melukai saraf tulang belakang sehingga menyebabkan mangsa kehabisan nafas dan susah nafas dengan cara merusak tenggorokanya.

Kelakuan Kucing

Kucing saat merasa nyaman dengan tempat atau suatu keadaan, perilaku mendengkur yang biasa dilakukannya. Seperti halnya disaat kucing yang kita usap kepalanya atau kita manjakan dengan menggarukkan ketika dia tidur pada bagian leher nya dengan perlahan lahan. Berikut perilaku yang sering kucing lakukan:

1. Mendengkur

Kucing akan mendengkur disaat dia merasakan kenyamanan dan kebahagiaan. Salah satu hewan yang dapat mengeluarkan suara dengkuran yaitu kucing. Tapi ada juga loh penyebab kucing mendengkur selain karena nyaman dan bahagia.

Kucing akan mendengkur ketika dia akan mati dan ketika dia sakit, dengkuran yang kucing keluarkan disaat itu, akan menguranginya dari setres dan membuatnya menjadi lebih nyaman.

Hal lain juga yang menyebabkan kucing mendengkur adalah ketika dia akan melahirkan, dan setelah lahir, anak kucing juga mendengkur ketika sedang menyusui.

2. Memijat

Tidak hanya manusia yang suka dipijat, ternyata kucing pun juga melakukan pijat, hanya saja cara pijat nya kucing berbeda. Cara kucing memijat temanya adalah dengan cara meletakan tangan nya secara bergantian kanan kiri pada bagian tubuh teman nya.

Cara kedua kucing memijat temanya dengan cara mengalurkan cakarnya, kemudian menggesekan pada bagian tubuh kucing lainya. Reaksi perilaku kucing yang kedua ini, tidak lepas dengan reaksi perilaku kucing yang pertama. Kucing juga mendengkur saat memijat.

Biasanya yang dilakukan anak kucing ketika menyusui adalah dengan pijat memijat perut induknya. Perilaku hal ini dilakukan anakan kucing agar aliran susu pada induknya yang keluar dari puting puting mengalir lancar.

Jika ada seekor kucing yang memijat pemiliknya, hal ini artinya kucing merasa nyaman dan aman. Selain merasa nyaman dan aman, kucing ini faham kalo yang dia pijat adalah pemiliknya.

3. Reflekks Meluruskan

Hal menarik dari tingkah laku kucing selain yang diatas adalah, dia mempunyai kemampuan meluruskan kakinya ketika terjatuh dari tempat yang tinggi.

Kemampuan kucing ini biasanya pada saat kucing berusia 3-4 minggu. Perilaku pada kucing akan lebih kondusif ketika tulang punggung kucing sempurna yang akan mempermudah pergerakan kucing, dan memiliki tulang selangkang yang akan fungsi dengan baik.

Jenis Jenis Kucing

Kucing di Indonesia sangat banyak macam nya, banyak kita temui  mulai didaerah perumahan, kampung sampai di kucing yang sangat dipelihara dengan perawatan yang baik, dan masuk dalam kategori kucing andalan. Berikut macam macam jenis kucing yang ada di Indonesia:

1. Persia

jenis jenis kucing
www.meongku.com

Ras kucing persia ini didunia sudah sangat banyak yang mengenalnya. Kucing persia ini berasal dari persia yang bertempatan di negara Iran.

Karena kucing ini banyak dijadikan distributor masyarakat luar, kucing ini berkembang populer di Inggris dan Amerika yang kemudian menjadi penghasil kucing persia.

Kucing ini mempunya karakter penyayang, pendiam, tidak terlalu aktif, dan setia. Kucing persia juga mempunyai jenis yang menjadikan jenis kucing ini beragam keunikan. Misal dari jenis nya adalah: Persia peaknose, persia flat nose, persia himalaya, dan persia medium.

Bentuk fisik kucing persia pada umumnya adalah mempunyai bentuk yang imut dan unik, yaitu dengan mempunyai hidung pesek dan  dan bentuk muka yang bulet.

Selain itu, persia juga mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu postur tumbuh nya bulet pendek, ukuran kaki pendek, dan mempunyai bagian rambut yang panjang dan halus.

Untuk jenis kucing ini, dia lebih suka mengkomsumsi makanan kering dan basah yang umumnya sudah disediakan toko hewan. Kucing ini tergolong kucing tercantik.

2. Persia himalayan

jenis jenis kucing
blograhman.com

Tak asing ya kalian dengan nama Himalaya?, Himalaya gunung yang berada di Asia ini, ternyata mempunyai hewan khas nya yaiut kucing, kucing ini disebut juga dengan kucing himalaya. Jenis kucing ini sudah ada dan terkenal beratus tahun yang lalu.

Namun kucing ini baru dikenal di benua eropa dijajaran tahun 1950-an dengan istilah nama yang lebih dikenal colour point persian.

Jenis kucing ini tergolong kucing yang sangat unik, dengan turunan persilangan antara kucing silam dan kucing persia sehingga dapat menghasilkan kucing yang sangat unik lucu dan menarik ini, untuk kucing ini dinamakan kucing himalaya.

Kucing ini mempunyai karakter sebagai kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas malasan. selain itu, kucing ini mempunyai beberapa warna, yaitu seal point atau coklat kehitaman, lilac point atau abu abu kecoklatan, red/flame point atau krem kemerahan, cream point krem, dan chocolate point atau coklat.

Keunikan pada kucing ini ialah memiliki hidung pesek dan bulu yang tebal seperti persia longhair. Kelompok kucing ini merupakan kelompok jenis kucing yang sangat unik pada warna yang dipunyainya, yang diambil dari keturunan kucing siamese colout point pada tubuhnya.

Ditambah dengan bola matanya yang berwarna biru yang menjadikan kucing himalaya ini semakin cantik dan identik daru keturunan ras kucing siamese.

Untuk soal komsumsi makanan kucing himalaya, tidak susah untuk mencarikanya di toko hewan, dan saran baiknya adalah agar memberinya makanan kering dan basah.

3. Russian Blue

jenis jenis kucing
www.agrinak.com

Asal mula kucing ini adalah didapati di pelabuhan arkhangelsk di Russia. Untuk jenis kucing russian blue ini, khas nya adalah, mempunyai rambut pendek dengan dipadui warna abu abu kebiruan dan mempunyai bola mata yang sangat menarik yaitu hijau.

Kucing Russia ini memilikil karakter yang menghiasa tubuhnya, yaitu cerdas, penasaran, ramah, pemalu, dan merupakan kucing yang mudah sensitif. Dan mempunyai berat badan rata rata ketika dewasa yaitu 3,5-7 Kg atau 7,7-15,4 Pon.

Kelebihan pada kucing ini ada;lah, dapat dijajarkan kelompok kucing cerdas didunia. Bisa diliat dari karakter kucing ini  yang memang sangat unik dan menarik.

Selain sifat nya diatas, kucing russian blue juga mempunyai sifat yang sangat erat dengan pemiliknya, dan mempunyai sifat pemalu kepada orang asing yang belum dikenalnya.

Untuk makanan kucing ganteng ini, cukup dengan kucing persia pada umunya, yaitu makanan basah dan kering yang dikonsumsinya.

4. Domestik / kampung indonesia

jenis jenis kucing
kucingdomestikindonesia.blogspot.com

Siapa si yang gak kenal dengan kucing ini? tentu kalian sudah banyak yang tau yah dengan kucing ini. Kalo ada yang sering melihat tapi belum tau namanya, yuk kenalan dulu dengan salah kucing populer dinegeri kita ini hehe.

Kucing domestik atau kucing kampung, banyak kita jumpai didaerah perumahan, kampung bahkan lewat jalan didepan rumah kita.

Pada awalnya kucing domestik ini memiliki karakter yang cukup baik, misalnya mandiri, mempunyai daya ingat yang tajam, serta mempunyai fisik yang kuat.

Jika kalian melihat kucing ini, jangan berfikiran buruk yah, meskipun tampang nya biasa atau bahkan bisa dilihat kalo kucing ini  galak, nakal, dan tidak nurut, jangan salah nilai yah untuk kucing kampung yang satu ini.

Kucing domestik umumnya memiliki karakter dan sifat bawaan yang cukup baik, seperti mandiri, ingatan yang tajam, serta fisik yang kuat.

Walaupun kucing ini terlihat agak liar dan menyeramkan sebaiknya jangan memandang sebelah mata dulu, Karena pada faktanya kucing tersebut mempunyai beberapa kelebihan yang mungkin sering di abaikan sebelumnya.

Karakter pada kucing ini adalah liar, kuat, energik, pemburu, dan aktif. Dikarakteristiknya diterangkan kucing ini liar, tapi asal kalian tau, kucing domestik ini dapat dijinakan, dan dijadikan sahabat dengan baik, dan yang terakhir, kucing domestik juga dapat menjadi pengaman rumah kita dari gangguan tikus.

Jika kalian ingin memeliharanya, kucing domestik ini tidak terlalu susah untuk memeliharanya, bisa dikatakan mudah dan murah meriah.

Kelebihan lainya pada kucing ini adalah, tergolong murah dalam memberinya konsumsi karena, kucing ini tergolong dalam kucing yang tidak manja, mandiri, dan mempunyai fisik yang baik serta tidak terlalu hobi pilih pilih makanan pada umumnya.

Dengan karakteristiknya, kucing ini mengundang banyak dari pecinta kucing di Indonesia ini untuk membuat  komunitas PKDI ( pecinta kucing domestik Indonesia ).

5. Turkish Anggora

jenis jenis kucing
goodminds.id

Jenis kucing tertua yang kedua adalah kucing turkish anggora ini, kucing ini tergolong kucing alami yang tertua kedua di dunia. Kabar burungnya, kucing ini sering dikaitkan dengan mitos legenda yang ada diwilayah asalnya yaitu turki.

Walaupun demikian, belum berarti kucing ini berasal dari Turki, dikarenakan sampai sekarang para ahli hewan belum mengetahui asal asli hewan kucing ini.

Untuk saat ini memang kucing anggora ini sangat populer di dunia apalagi di Indonesia, kucing ini postur badan yang sedang dan dihiasi dengan bulu yang cukup panjang sehingga kucing ini terlihat cantik.

Ciri ciri yang dimiliki kucing anggora ini pada umumnya beda dengan umumnya kucing persia. Kelompok kucing anggora ini memiliki bentuk kepala segitiga dan disertai bulu yang cukup panjang pada lehernya, sehingga terkesan sekilas kucing ini seperti singa.

Pasti semua kucing mempunyai karakteristik yang berbeda beda, untuk karakter kucing anggora seperti berikut: Anggun, lincah, energik dan aktif.

Karakter kucing ini dapat kita fahami, jika diantara kalian memlihara kucing ini, selain Anggun, kucing ini lincah dan aktif, untuk melihatnya sehat atau tidak, hendaknya kita memberinya mainan agar kucing ini terlihat aktif dan lincah.

Untuk menjaga karakternya yang anggun, kucing ini perlu perawatan agar terlihat rapi dan anggun meskipun kucing ini banyak tingkah.

6. American shorthair

jenis jenis kucing
www.agrinak.com

Salah satu kucing ras american shortair adalah keturunan dari ras european dan british shorthair. Pada awalnya kucing ini dikenal sebagai shorthair, kemdian kucing ini mempunyai nama populer yaitu domestic shorthair ditahun 1960.

Nama kucing ini berbeda setelah beriring nya waktu, nama kucing ini menjadi american shourthair dan nama ini terkenal hingga sekarang.

Kucing yang terlihat gagah ini, mempunyai karakteristik yang cukup baik, berikut karakter kucing American shouthair : kuat, cerdas, pintar berburu, baik, ramah, tenang, senang bermain, dan mudah beradaptasi dalam situasi lingkungan .

Kucing ini memiliki ukuran postur badan yang sedang, otot kaki yang bagus, serta mempunyai cakar yang bagus dan kuat. Bentuk badan kucing ini dihiasi dan disempurnakan dengan bulu yang pendek dan tebal, yang berfungsi melindungi dirinya dari cuaca yang ekstrim saat musim dingin tiba.

Realitas pada umunya, kucing american shourthair ini tergolong salah satu kucing yang memiliki tubuh badan yang kuat dan kesehatan yang baik. Makanan kucing american shourtair ini, dia lebih menyukai yang basah, seperti ikan segar, dan daging.

7. Siamese

jenis jenis kucing
id.wikipedia.org

Menurut dari informasi, kucing ini berasal dari Thailand, yang merupakan jenis kucing oriental. Kucing siamese ini dapat dikatakan kucing yang sudah populer didunia dan banyak pecinta kucing yang ingin memiliki kucing ini.

Kucing ini pasalnya sangat istimewa, karena kucing ini diberikan pada duta besar Inggris di Thailand pada abat 18, dan sejarah pada kucing ini mulai dikenal dikalangan orang karena kemunculannya di Eropa.

Kucing ini mempunyai karakteristik ramah, suara lembut, cerdas, rasa ingin tahu, dan lincah. Postur yang dimiliki kucing ini memiliki ciri pada fisik yang ramping, ekor panjang dan mempunyai mata yang berwarna biru.

Pada mata kucing siamese ini indentik colour point yang menggambarkan dari keunikan kucing ini. Kemudian kucing ini mempunyai berat badan untuk pejantan yaitu 4-7 Kg dan untuk betina paling besarnya 5 Kg.

Makanan yang diberikan pada kucinng siamese ini baiknya diberikaan yang basah. Seperti daging, ayam, ikan segar. Kucing ini tidak mutlak hanya menyukai yang basah, tetapi juga memakan yang kering yang biasa dijual ditoko hewan.

8. Kucin Borneo Bay Cat atau Bornean Red Cat (Pardofelis badia)

jensi jenis kucing
alamendah.org

Mungkin ada yang kenal atau pernah tau dengan kucing asia, kucing asia memiliki tubuh lebih besar dari pada kucing merah kalimantan ini, Kucing kalimantan ini mempunyai warna cokelat terang dan pada bagian bawah tubuh berwarna pucat, mempunyai warna merah agak pucat pada bagian kaki dan ekor.

Bentuk ekornya selain panjang juga berbentuk runcing pada ujungnya dengan garis putih dibawah. Terdapat bercak hitam kecil di ujung atasnya. Mempunyai telinga bulat, warna bulu bagian luar cokelat kehitaman, dan bagian dalam lebih terang.

Sifat unik pada kucing ini adalah mempunyai bentuk kepala yang pendek dan bulat dengan warna bulu cokelat gelap keabu abuan dengan dua garis gelap yang berasal dari sudut setiap mata, kemudian pada bagian belakang kepala terdapat tanda “M” yang terlihat gelap.Pada bagian belakang telinga yang keabu abuan gelap dan sedikit variasi warnaya dnegna bintik bintik putih tengah yang umumnya ditemukan juga dikucing lainnya.

Selain diatas itu cirinya, kucing ini masih mempunyai ciri ciri khasnya yaitu bagian bawah dagu berwarna putih dan ada dua garis cokelat samar dibagian pipi.

Dengan ekornya yang panjang dan tubuh yang panjang, kucing ini semakin terkesan jaguarundi dan tampil gaya baru.Kucing Kalimantan ini juga biasa disebut sebagai kucing merah atau biasa disebut dengan namanya yang populer yaitu kucing borneo.

Nama untuk kucing ini dalam bahasa inggris ini dikenal dengan kata borneo bay cat, bay cat, dan bornean marbled cat. Sedangkan dalam bahasa latin, istilah nama kucing ini adalah pardofelis badia, yang mempunyai sinonim dengan catopuma badia dan felis badia.

Hewan langka dari Kalimantan ini merupakan hewan endemik. Mempunyai postur badan 53-67 Cm untuk panjangnya, dan mempunyai panjang ekor 32-39 Cm. Dan mempunyai berat badan 3-4 kg.

9. Kucing Pasir

jenis jenis kucing
www.youtube.com

Kucing berpenampilan imut dan peramah ini merupakan kucing yang ada didaerah gurun pasir yang biasa disebut kcuing pasir. Kucing ini tergolong kucing felidae, karena namanya ini juga, kucing ini hanya dapat ditemukan dipadang pasir sejati.

Kucing ini memiliki penyaluran habitat yang luas tetapi rupanya kucing ini terpisah melalui padang pasir Afrika utara dan barat daya dan di Asia Tengah.

Sejak tahun 2002 kucing ini tergolong kucing yang terancam punah habitatnya dan didata oleh pihak IUCN, kemudian pada tahun 2016, IUCn menurunkan status dari kucing ini menjadi resiko rendah, atau hanya tinggal beberapa saja yang tersisa.

Ciri pada kucing pasir ini adalah dia mempunyai kecil dan mempunyai kaki pendek, ekor panjang, dan bentuk telinga yang runcing.

Mempunyai postur tubuh dengan panjang 39-57 cm dan ekor panjang 23-32 cm, berat dari kucing pasir ini 1,4-3,4 kg. Khas pada kucing ini ada dikepalanya yang mempunyai bentuk kepala luas dan bentuk telinga yang lebar dan merunduk untuk membantu dalam mencari mangsa.

Kucing ini mempunyai warna kucing pasir pada bagian besar tubuhnya dan bar pucat yang ada pula ditubuhnya yang hanya sekilas terlihat sedikit.

Kemudian warna putih di dagunya dan pada bagian bawah, Umumnya bar pada kucing terlihat pada spesies Afrika. Warna unik pada kaki dan ekornya adalah hitam yang menjadi paduan warna pada kucing ini sehingga terlihat bagus dan pada bagian pipi terdapat garis merah yang bersudut diluar mata.

Di musim dingin, kucing ini mengandalkan bulu nya yang panjang dan banyak sehingga dapat menghangatkan tubuhnya. Mempunyai mata kucing besar dan kehijauan, dan hidung yang hitam. Kucing kucing tersebut akan lebih sehat jika Anda pelihara dengan perawatan yang bagus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *