Cara Budidaya Lele Paling Tepat untuk Pembisnis Sukses

cara budidaya lele
http://www.bebeja.com

Cara budidaya lele memang banyak yang meminati. Dikarenakan ikan ini mempunyai potensi memancing orang untuk menyantap nya dan menjadikanya sebuah bisnis. Tidak sedikit para pembisnis memilih ikan lele untuk dijadikan sebagai muara penghasilan sekaligus budidaya. Meskipun budidaya hewan sejenis nya seperti belut dan cacing sutra yang kini juga ramai dipasaran.

Di Indonesia, ikan lele banyak digandrungi oleh para pembisnis dan menjadi budidaya yang banyak diminati dalam bidang perikanan di Indonesia. Itu sebabnya bisnis lele menjadi primadona didunia perikanan. Tidak hanya pembudidaya kemudian dijadikan bisnis, tapi juga para pengusaha kuliner pun banyak yang menggunakan ikan lele sebagai menu utama kuliner mereka.

Tak heran jika Anda sering menemui banyak ikan lele yang dijual diwarung. Bahkan disupermarket atau swalayan besar lainya pun juga menjual berbagai macam ikan lele. Mungkin itu sebabnya masyarakat banyak yang menyukai ikan lele.

Untuk kalian yang ingin membudidayakan ikan lele, yuk simak dihalaman bawah ini tentang bagaimana cara budidaya lele dengan benar sehingga menghasilkan panen yang memuaskan.

Cara Budidaya Lele

Budidaya lele agar mendapatkan hasil yang memuaskan, itu adalah harapan semua pembisnis. Nah, untuk memulai budidaya lele Anda harus tau apa saja yang dilakukan ketika ingin membudidayakan lele, berikut cara budidaya lele:

  • Memilih Jenis Lele

Beda dengan memilih benih nya, ini adalah memilih lele yang akan dibudidayakan atau dijadikan indukan. Pada umumnya masyarakat banyak yang memilih lele sangkuriang dan lele dumbo untuk dijadikan budidaya lele. Selain itu, kedua lele itu sangat mudah didapat, selain harga benih yang murah dan banyak yang menjual serta mudah dalam perawatan nya.

Selain mempunyai harga murah dan banyak didapati, lele ini juga mempunyai kelebihan tersendiri. Itu sebabnya banyak yang meminati kedua lele ini untuk dijadikan budidaya. Berikut kelebihan yang kedua lele ini punya:

  1. Mempunyai daging yang empuk
  2. Intensitas dalam produksi, lele sangkuriang sangat tinggi
  3. Hanya dengan kemauan dan niat, kedua lele ini mudah untuk dibudidayakan
  4. Mempunyai kekebalan tubuh, sehinga tidak mudah kena sakit.

Dengan adanya beberapa kelebihan diatas, maka akan banyak masyarakat yang meminati untuk budidaya lele. Mudah diterapkan jika ingin segara memulai bisnis tidak perlu diurungkan. Selain itu juga, lele sangkuriang dan dumbo tidak banyak membutuhkan banyak tempat, sempit pun jika cukup dengan kategori yang diaturkan, lele ini pun tetap bisa hidup.

Tidak perlu kita menunggu lama untuk masa panen, karena pada dasarnya, kedua lele ini mempunyai perkembangan yang cepat sehingga memudahkan pembisnis untuk segara mempunyai penghasilanya.

  • Agar Lele Hidup Sehat

cara budidaya lele
http://jualbelilelekonsumsijakartadepok.blogspot.com

Mengamati lele yang Anda budidaya adalah suatu hal yang sangat penting untuk perkembangan hidupnya agar kuat dan tahan lama hingga pemanenan. Disebut diatas, lele mudah hidup dan mudah untuk dibudidaya. Namun jika Anda tidak memerhatikan syarat dan lingkungan nya, hasilnya pun akan sama saja.

Dengan demikian, jangan meremehkan dalam budidaya lele juga, Anda tetap harus memerhatikanya dengan cermat agar hasil budidaya Anda sangat terjamin dan menguntungkan. Dari segi air pun juga mempengaruhi perkembangan lele.

  • Suhu

Berikutnya adalah suhu, Anda harus memerhatikan suhu pada kolam lele. Menurut penelitian Debby Ratnasari ahli perternakan 2011. Bahwa ikan lele dapat dihidup di air dengan baik di suhu 26-32 derajat celcius. Dibutuhkan juga kondisi yang hangat untuk lele, agar pencernaan lele lancar, tidak baik juga jika lele tidak terkena sinar matahari.

  • Lokasi

cara budidaya lele
waralabakan.com

Tidak perlu Anda bingungkan, dimana saja Anda dapat membikin denah lokasi untuk budidaya lele. Yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat keasaman air yang Anda gunakan untuk budidaya lele. Sama dengan sidat, tingkat keasaman lele yang baik adalah 7-8 ph.

 Siapkan Benih Berkualitas

cara budidaya lele
www.sangkutifarm.com

Agar budidaya lele Anda bagus dan berkualitas, hendaknya Anda juga cermat dalam memilih bibit lele yang baik. Benih yang Anda butuhkan memiliki kisaran 5-7 cm dan usahakan sama besarnya, agar tidak saling memakan.

Ciri ciri benih lele yang bagus dan berkualitas :

  • Tubuh pada ikan yang seimbang
  • Gerakan nya lincah
  • Tidak pucat atau kedua sungutnya berseri
  • Tidak berwarna kusam, atau pilihlah yang mempunyai warna mengkilap
  • Aktif tidak diam berdiri di air.

Semakin banyak lele yang Anda cari yang baik, semakin berkualitas pula hasil panen Anda.

Persiapan Menebar Benih

Jika kolam sudah siap, dan benih sudah Anda siapkan sesuai kriteria. Langkah selanjutnya adalah menebarkan benih kedalam kolam. Namun harus mengikuti prosedur utama, yaitu sebelum menebar benih kekolam, Anda isi air terlebih dahulu dan pemupukan pada benih ikan. Berikut cara pemupukan pada ikan lele :

  1. Pertama adalah mengisi air bersih didalam kolam yang masih murni bersih setinggi 60 Cm.
  2.  Kemudian siapkan pupuk kandang seperti kotoran sapi dan kambing dan siapkan didalma karung, dan kemudian bagilah menjadi dua bagian.
  3. Letakan kedua karung yang berisi pupuk tersebut didalam karung tanpa membuka karung tersebut. Penaruhan pupuk bebas di pinggir atau di tengah yang nanti jika sudah terisi air akan mengapung diatas karung tersebut.
  4. Biarkan selama satu minggu, jangan lupa tiap pagi sore, celupkan karung tersebut seperti menyelupkan teh. Dengan cara celup seperti iniagar isi karung terserap oleh air dengan sempurna.

Jika Anda sudah melakukan cara budidaya lele diatas, Anda sudah siap untuk menebarkan benih benih lele. Cara unuk menebar benih adalah dengan cara menaruhkan benih yang berada diplastik tersebut kedalam air. Dan biarkan saja benih tersebut keluar dengan sendirinya. Untuk waktu penebaran benih, hendak nya dipagi dan sore hari saja, agar benih lele tidak terkena sinar matahari secara langsung, yang ditakutkan benih tersebut menjadi stres.

Pemeliharaan Ikan Lele

cara budidaya lele
organichcs.com

Jika Anda ingin cara budidaya lele Anda berhasil, jangan lupa untuk merawat dan memberikan asupan yang baik, serta menjaga lingkungan agar kolam selalu terjaga. Berikut hal penting yang harus Anda ketahui ketika benih lele Anda sudah mulai adaptasi. simak berikut:

  1. Anda harus memerhatikan dua hal yang paling penting, yaitu air dan pemberian pakan pada lele.
  2. Dianjurkan supaya tidak mengganti air dikolam sebelum masa panen tiba. Ini menyebabkan ketenangan air didalam kolam hilang, dan dapat menyebabkan setres pada bibit Anda.
  3. Jika ingin menguras kolam, hendaknya memerhatikan cara mengurasnya. Gunakan cara yang baik supaya tidak terjadi sirkulasi yang membuat keasaman air mengurang.
  4. Untuk penambahan air dikolam dibolehkan, akan tetapi benih lele Anda sudah diberi asupan pakan terlebih dahulu,. dan lakukan penambahan air secara bertahap.
  5. Perhatikan ketika memberi makan pada bibit, Anda dapat memberinya pelet, keong mas, planktong, dan cacing.
  6. Jangan terlalu sering memberi pakan pada lele, takaran nya pun sudah ada. Anda dapat memberikan 5-6 kali makan dalam sehari, berikan pakan ketika matahari sudah terbit. Gunanya agar bakteri dalam air agar mati dahulu dan tidak mencampuri kasiat pakan lele. Lebih dianjurakn pagi sore dan malam hari.
  7. Jika Anda menemui musim penghujan, sebaiknya hindari memberi makan dengan alasan dapat mencemari zat asam pada pakan lele. Pakan yang suda tercemar dan mengganggu kesehatan lele Anda. Tunggulah hingga hujan reda, kemudian berilah pakan.

Masa Panen Lele

cara budidaya lele
http://solusisuburcni.blogspot.com

Cara budidaya lele pada dasarnya hanya membutuhkan waktu 2-3 bulan saja, kemudian bulan ke tiga masa panen. Cara mengetahui lele dapat dipanen yaitu dengan menimbang perkilo berisikan 7-8 ekor lele. Kemudian pada saat memanen, perhatikan cara memanen yang baik dan bagus.

Anda dapat memanen dengan cara menggunakan bahan yang halus dan licin agar tidak melukai tubuh pada lele dan jangan memanen lele yang masih terlalu muda. Anda juga bisa dengan menyurutkan air didalam kolam, lalu menggunakan serokan untuk mengambilnya. Atau dengan cara menjaring agar mempersingkat waktu.

Jika panen sudah selesei, kuras kolam dengan baik, lalu isi kembali kolam dengan air bersih. Atau jika masih ada lele yang belum siap dipanen, jangan membuang air pada kolam, supaya lele tidak menerima air baru. Silahkan klik halaman ini untuk menambah wawasan Anda dalam berternak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *